Responsive image
0
0
0

KIAT IBU HAMIL PERGI UMROH

Untuk melaksanakan ibadah Umroh memang tak kenal usia dan keadaan. Termasuk orang hamil pun asal tidak masuk hamil tua masih diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah Umroh. Maka bagi ibu hamil yang akan melaksanakan ibadah Umroh ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan:

1. Konsultasikan ke dokter kandungan sebelum Umroh

Mengonsultasikan kondisi kesehatan ibu dan janin sebelum melakukan perjalanan jauh, terlebih lagi menggunakan pesawat, merupakan hal utama yang wajib dilakukan para ibu hamil. Bagi ibu hamil, melakukan perjalanan dengan pesawat merupakan hal yang tidak membahayakan janin, asalkan kesehatan ibu dalam kondisi stabil. Konsultasikan kepada dokter hal apa saja yang harus dihindari dan dilakukan agar kesehatan ibu tetap prima selama berada di tanah suci. Jika perlu, mintalah vitamin khusus dari dokter untuk menjaga stamina sang calon ibu dan bayi selama beribadah umrah. Jangan lupa pula untuk membawa rekam medis serta nomor-nomor yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat.

2. Pastikan kenyaman di pesawat

Beberapa maskapai penerbangan memiliki peraturan khusus untuk wanita hamil. Wanita hamil dengan usia kandungan di bawah 14 minggu biasanya dianjurkan untuk tidak melakukan perjalanan udara sebab periode tersebut masih rawan dengan risiko keguguran. Sebaliknya, ketika ibu memasukan trimester kedua, janin sudah lebih kuat risiko ibu untuk mengalami keguguran dan melahirkan dalam keadaaan prematur pun sudah jauh lebih berkurang. Bagi ibu yang berniat menjalankan ibadah umrah, pastikan bahwa kandungan Anda sudah untuk melakukan perjalanan jauh. Pastikan pula bahwa Anda mendapatkan posisi yang nyaman selama berada di dalam pesawat untuk mengurangi kram dan kaki bengkak.

3. Pilih travel yang menyediakan hotel terdekat

Untuk mengurangi risiko kelelahan akibat perjalanan jauh menuju tempat ibadah, Anda dianjurkan  memilih lokasi akomodasi yang dekat dari Masjidil Haram dan Ka’bah. Anda dapat mendiskusikan hal tersebut dengan travel umrah yang Anda pilih. Selain dapat melihat Ka’bah langsung dari kamar hotel, Anda pun tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk menuju Ka’bah.

4. Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi

Cuaca di tanah suci yang terkenal terik dan kering rentan menimbulkan dehidrasi, terlebih lagi bagi wanita hamil. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa cairan yang masuk ke tubuh dapat mencukupi kebutuhan aktivitas Anda. Selain itu, hindari minuman dan makanan yang menimbulkan efek pada saluran pencernaan dan kemih Anda.