Responsive image
0
0
0

MERAIH AMPUNAN ALLAH DALAM IBADAH HAJI

Tujuan utama berhaji, selain mendapatkan perubahan menuju kebaikan dalam segala hal, yang terpenting adalah menggapai ridha dan ampunan-Nya.

Ibadah Haji merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim yang mampu, baik dalam hal kesehatan dan keuangan. Memenuhi panggilan Allah untuk datang ke Tanah Suci dan mencari ampunan-Nya, ternyata tidak hanya akan menggugurkan kewajiban kita untuk berhaji. Ibadah Haji ternyata memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat muslim yang melaksanakannya.

hakikat berhaji adalah bagaimana kita sebagai umat muslim yang datang ke rumah Allah berusaha menjadi orang yang lebih baik dan mampu menjadi salah satu manusia pilihan Tuhan. Oleh sebab itu untuk berhasil menjadi makhluk yang dipilih Allah dan menggapai kemabruran Haji terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapakan sebelum berangkat ke Tanah Suci.

1. Luruskan niat

2. legalkan harta

3. lapangkan dada dengan bersabar

4. lengkapkan ilmunya, bekalilah diri kita dengan ilmu berhaji sehingga ibadah yang kita lakukan di sana maksimal

Menjaga ucapan dan pikiran kita selama berada di Tanah Suci juga hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena segala pikiran angkuh atau sombong yang terkadang menghampiri akan segera mendapatkan balasan dari Allah SWT saat itu juga.

Ketahuilah bahwa segala dosa dan kesalahan yang kita perbuat selama berada di Tanah Suci akan segera diperlihatkan balasannya seketika itu juga karena setiap orang yang telah melaksanakan ibadah Haji, akan diampuni segala dosanya sepulangnya ia dari Tanah Suci.

Ibadah Haji adalah sarana yang sangat efektif untuk melebur diri dari segala dosa dan maksiat jika dikerjakan dengan keikhlasan dan hanya berharap ridha Allah semata. Maka sangat disayangkan jika kita berangkat Haji dengan niat mencari popularitas duniawi atau mencari pengalaman hidup. Sebab ibadah Haji adalah sebuah kesempatan yang tidak semua umat Islam bisa memilkinya. Selain memerlukan badan yang kuat juga memerlukan harta dan keamanan.