Responsive image
0
0
0

FLORA DAN FAUNA ENDEMIK DARI ARAB SAUDI

Semua negara pasti memmiliki flora dan fauna endemik yang unik. Jika Australia memiliki hewan endemik kangguru dan Indonesia memiliki flora endemik Bunga Rafles, maka kamu juga akan menemukan banyak sekali flora dan fauna endemik dari Arab Saudi.

 

Berikut ini adalah lima jenis flora endemik yang ada di Arab Saudi

 

Convolvulus Cephalopadus

Convolvulus Cephalopadus bisa tumbuh tinggi hingga 40 cm. tanaman ini juga sudah dikenal dengan nama Rakham yang tumbuh di daerah Al Kharj, 90 km selatan dari kota Riyadh.

 

Convolvulus Arvensis

Convolvulus Arvensis adalah tanaman yang hampir sama dengan Convolvulus Cephalopadus. Bentuk, warna dan ukuran bunga memiliki kesamaan, perbedaannya hanya terdapat pada ukuran daun dan cara mereka tumbuh. Convolvulus Arvensis memiliki daun yang lebih lebar, serta tanaman ini tumbuh dengan cara merambat. Masyarakat di sekitarnya lebih mengenal tanaman ini dengan sebutan Ulleq Maddad yang tumbuh di daerah Al Ammariyah 15 km sebelah utama Al Dirriyah.

 

Achillea Biebersteini

Achillea Biebersteini adalah sejenis tanaman perdu yang bisa tumbuh hingga 35 cm. bunganya berwarna kuning dan hanya tumbuh satu rumpun dalam satu batang. Biasanya dapat ditemui di Ragbah, 160 km ke arah barat laut Riyadh. Tanaman ini biasanya dimanfaatkan untuk tanaman hias dalam ruangan untuk hotel, vila, atau penginapan lainnya.

 

Echinops sp.

Echinops sp. adalah jenis tanaman berduri yang hampir seluruhnya permukaan tubuhnya berwarna hijau. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 1 meter di atas tanah tandus. Tanaman ini bisa ditemukan di daerah Dirriyah 40 km arah barat laut kota Riyadh.

 

Cistanche Phelypaeaa

Cistanche Phelypaeaa memiliki sifat yang hampir sama seperti kaktus gurun. Batangnya besar dan berongga sehingga dapat menyimpan pasokan air cukup banyak. Mahkota nya berwarna kuning dengan semburat jingga di bagian tengah. Tanaman ini bisa ditemui di Laila al Aflaj, 265 km ke arah selatan kota Riyadh.

 

Berikut ini adalah lima jenis fauna endemik yang ada di Arab Saudi

 

Ibex

Ibex adalah sejenis kambing gunung dengan bentuk tanduk panjang melingkar. Biasanya hidup di daerah penggunangan tandus di Arab Saudi. Tinggi mereka +67-75 cm dengan berar +50 kg. Ibex memiliki warna coklat terang dengan bulu putih di bagian tengah.

 

Unta

Unta adalah hewan yang sangat identik dengan negeri Arab. Hewan ini biasa dipelihara untuk diambil susu nya. Hewan ini juga menjadi salah satu kendaraan tangguh yang bisa digunakan ketika melintas di gurun pasir dalam jangka waktu lama.

 

Bulbul

Bulbul adalah salah satu hewan yang cukup terkenal di dalam kitab suci Al Quran. Ia pernah muncul dalam kisah Nabi Sulaiman AS. Burung Bulbul lebih banyak hidup di daerah timur tengah, khususnya di Arab Saudi.

 

 

 

Cacaral (Karakal)

Caracal adalah sejenis kucing dengan bentuk telinga yang lebih runcing. Nama “caracal” berasal dari bahasa Turki “karakulak” yang berarti “Telinga hitam”. Caracal masuk ke dalam kategori kucing kecil, hanya saja ia termasuk kucing kecil yang terberat dan tercepat.

 

Leopard

Leopard adalah nama lain dai macam tutul di kalangan peneliti barat. Kini Leopard menjadi salah satu hewan peliharaan favorit para kalangan elit di Arab Saudi. Belum lengkap rasanya jika kaum milyader di sana tidak memiliki Leopard sebagai hewan peliharaan.

 

Artikel Rekomendasi