Responsive image
0
0
0

PASAR KURMA DI MADINAH

Berbelanja kurma yang paling murah memang ada di Madinah, selain kualitasnya bagus, harganya pun lebih murah daripada berbelanja di Makkah. Di pinggir Masjid Nabawi terdapat sebuah deretan toko yang menjual berbagai macam kurma grosiran dengan berbagai macam jenis kurma. Pasar kurma Madinah ini banyak dikunjungi oleh jamaah asal Indonesia saat musim Haji tiba.

Adapun kurma yang paling terkenal di pasar tersebut adalah kurma Madinah, karena daging buahnya kenyal, bentuknya besar, manis dan kering. Berbeda dengan jenis kurma lain yang rutin selalu dipanen setiap musim maka kurma Ajwa atau dikenal dengan kurma nabi paling mahal karena jarang berbuah, rasanya lembut, dan enak. Selain itu kurma yang memiliki ciri  berwarna agak kehitaman dan berkulit kering berkhasiat dan memiliki nilai pengobatan yang tinggi serta mampu menguatkan sistem imun badan.

Hal ini sesuai sebuah hadis Rasulullah SAW : ”Barang siapa di waktu pagi makan tujuh butir kurma Ajwa, pada hari itu ia tidak akan kena racun maupun sihir” (HR. Bukhari). Kurma ajwapun ada gred/tingkatan kualitasnya semakin bagus semakin mahal. Rata-rata kurma ajwa dijual 60 riyal-90 riyal/kg tergantung besar kecil buahnya. Sebelum membeli kita bisa mencicipi kurma-kurma tersebut, biasanya sang penjual berteriak ‘halal halal’ artinya gratis.

Ternyata dibanding Makkah kurma lebih murah di Madinah (berbanding terbalik dengan busana atau peralatan elektronik maka Madinah jauh lebih mahal dibandingkan Makkah atau Jeddah). Kurma Ajwa ukuran kecil dengan harga sekitar 60 riyal di Madinah, maka di Makkah paling murah bisa 100 riyal per kilogramnya. Di Makkah kurmanya agak lama, pecah-pecah dan keras. Di Madinah kurmanya segar dan lembut. Ada pula yang menjual kurma muda yang dipercaya berkhasiat supaya cepat hamil harganya 10-15 riyal.  Kurma madinah yang murah lainnya berkisar antara 25 riyal-40 riyal/kg.

Yang lebih simple ada juga kurma yang telah dipaking dalam kardus kecil, toples dan plastik kecil. Selain buah kurma, biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma juga tersedia di sini, banyak pilihan dari cokelat isi kurma, kurma isi kacang, kismis, biskuit selai kurma dan kue keringnya. Di pasar ini saya hanya beli buah kurma, kurma isi kacang almond, kurma yang dilapisi coklat di bagian luarnya, dan madu. 

Artikel Rekomendasi