Responsive image
0
0
0

MENGAPA UMROH SELAGI MUDA?

Siapa bilang ibadah umroh baru bisa dilakukan saat sudah tidak muda lagi? Memang, perjalanan ibadah haji atau umroh identik dengan mereka yang sudah berusia tidak muda. Namun hal itu tidak serta merta membuat kita terus menunda niat kita untuk menjalankan ibadah umroh. Usia muda bukan halangan justru banyak alasan mengapa kita harus pergi umroh selagi muda. Mulai dari alasan fisik sampai alasan lainnya.

 

Yang pertama adalah kesehatan fisik yang masih prima. Ibadah umroh menuntut kita untuk selalu sehat dan kuat karena perjalanannya yang jauh serta kondisi cuaca yang sangat berbeda dengan tanah air. Dengan kondisi fisik kita yang masih muda, bukan perkara besar untuk cepat beradaptasi dengan kondisi lingkungan di tanah suci.

 

Yang kedua adalah memanfaatkan masa muda dengan sebaik mungkin. Sebagian beranggapan bahwa masa muda adalah masanya untuk bersenang-senang. Namun kita harus menggunakan prinsip bahwa masa muda adalah masa kita harus senantiasa menabung pahala dengan melaksanakan ibadah dengan sebaik-baiknya. Karena tidak ada yang mengetahui sampai umur berapakah kita akan berada di dunia. Dengan memanfaatkan masa muda kita dengan pergi umroh dan memperbaiki ibadah kita, maka masa muda kita tidak akan menjadi sia-sia.

 

Yang ketiga adalah membuka wawasan kita. Saat melaksanakan ibadah umroh, kita akan pergi keluar dari negara kita tentu dengan segala perbedaan yang ada. Mulai dari lingkungan sampai sosial budaya. Bukan hanya kita akan melihat bagaimana sosial budaya di tanah suci, juga budaya dari orang yang datang dari seluruh dunia yang juga melaksanakan ibadah umroh. Dengan wawasan yang terbuka, maka toleransi dan rasa pengertian kita terhadap orang lain akan semakin besar. Dampaknya, kita akan bisa menjadi bijaksana dari sebelumnya.

 

Yang keempat adalah sarana pencarian jati diri. Masa muda adalah masa di mana kita mencari jati diri dan menentukan jalan hidup kita. Dengan mengunjungi tanah suci, kita bisa memanjatkan doa dan memohon pertolongan diberikan petunjuk sebaik-baiknya untuk hidup dan keselamatan kita di dunia dan akhirat. Ingat, ada banyak tempat terbaik untuk berdoa di tanah suci. Kita bisa berdoa apa saja, termasuk untuk segera didekatkan dengan jodoh (baca: jabal rahma).

 

Yang kelima adalah menjadi sarana untuk memperbaiki, menyempurnakan serta mengonsistenkan ibadah kita. Dengan melakukan ibadah umroh, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan pelajaran sehingga membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ibadah yang khusyuk sebaiknya tidak berhenti saat ibadah umroh kita selesai. Setelah umroh kita berakhir, kita harus tetap konsisten menjalankan ibadah-ibadah kita. Dengan mengingat suasana damai di tanah suci, hendaknya membuat kita selalu semangat menjalankan perintah Allah SWT.

Artikel Rekomendasi