Responsive image
0
0
0

PROSEDUR PENGURUSAN PASSPOR ANAK

Bagi kita yang akan membawa anak untuk melaksanakan Umroh maka terlebih dahulu kita harus membuatkan dokumen perjalanan mereka ke luar negeri yaitu berupa passport hijau. Pembuatan passport untuk anak anak ini sama dengan dewasa namun di kantor imigrasi memang ada jalur yang khusus disediakan untuk lansia dan anak anak sehingga bisa cepat.
Menurut peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak imigrasi bahwa bagi anak warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di wilayah Indonesia, permohonan paspor biasa di ajukan kepada Menteri atau Pejabat Imigrasi yang di tunjuk pada Kantor Imigrasi setempat dengan mengisi aplikasi data dan melampirkan persyaratan  :
a) Kartu tanda penduduk tanda penduduk ayah atau ibu yang masih berlaku;
b) Kartu keluarga
c)  Akta kelahiran
d) Akta perkawinan atau buku nikah orang tua,mengisi surat pernyataan yang di tanda tangani oleh kedua orang tua dan pada saat wawancara di dampingi oleh kedua orang tua
e) Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama missal kantor catatan sipil. 
Dalam hal permohonan paspor di ajukan untuk anak (dibawah umur 17 tahun dan belum menikah ), kedua orang tuanya atau yang di berikan hak asuh berdasarkan penetapan pengadilan wajib hadir di Kantor Imigrasi untuk diwawancarai,apabila kedua orang tuanya atau yang di berikan hak asuh berhalangan hadir dengan alasan yang dapat di pertanggung jawabkan, maka dapat di wakili oleh orang lain yang di kuasakan oleh orang tuanya atau orang yang di beri hak asuh.
Kemudian setelah kepengurusan passport selesai, bawalah anak anak kita ke klinik suntik meningitis yang telah ditunjuk untuk membuat buku kuning yang nanti akan dilampirkan bersama passport saat pihak travel meminta visa ke kedutaan Arab Saudi. Adapan syarat untuk mendapatkan buku kuning ini hanya photo copy passport dan mengisi formulir yang telah disediakan disana.
Setelah semuanya selesai maka kita bisa menyerahkan semua berkas tersebut ke travel untuk ditindak lanjuti, sambil mempersiapkan keberangkatan kita ke tanah suci.

 

Artikel Rekomendasi