Responsive image
0
0
0

JENIS VISA YANG SERING DIKELUARKAN KEDUTAAN SAUDI

Bagi kita yang belum berpengalaman pergi ke luar negeri memang harus mengetahu syarat syarat untuk mengunjungi sebuah Negara yang dituju terutama mulai dari surat perjalanan atau passport dan visa atau izin masuk Negara lain. Untuk Negara Arab Saudi, kedutaan Arab Saudi mengeluarkan beberapa macam visa bagi warga Negara lain yang ingin memasuki negaranya
1. Visa Bisnis
Mengurus visa bisnis ini butuh surat undangan dari pihak perusahaan yang mengundang kita ke Saudi, umumnya visa ini diperuntukkan bagi perusahaan yang melakukan kerjasama dalam bidang industri atau ekonomi.
2. Visa kunjungan keluarga
Saat mengurus visa kunjungan keluarga persyaratannya hamper sama dengan visa bisnis yaitu butuh surat undangan dari keluarga yang mengundang kita ke Saudi, kemudian surat undangan tersebut akan dikirim oleh departemen luar negeri Saudi ke pihak imigrasi dan kedutaan Saudi di Negara kita. 
3. Visa Studi dan visa pekerja
Pemegang work visa dan student visa, selain visa yang distempel di paspor masing-masing, saat kita tiba di saudi, kita  juga akan diberikan iqamah (KTP Saudi). Yang harus kita tau, tak semua pemegang dua visa ini akan  di izinkan untuk mengundang keluarga mereka di tanah air datang ke Saudi. Semua tergantung kesepakatan pemegang visa dengan pihak penanggung jawab visa mereka, yaitu: perusahaan dan universitas. Keluarga yang bisa diundang hanya: ayah dan ibu dari pemegang work visa dan student visa, sementara keluarga yang lain, seperti kakak, adik, paman, bibi, kakek, nenek, atau yang masih ada hubungan keluarga tak akan bisa datang ke Saudi dengan visa kunjungan keluarga.
4. Visa Umrah dan Haji
Jika kita datang dengan visa Umroh atau haji visa, kita hanya akan diizinkan mengunjungi dua kota suci: Mekkah dan Madinah. Pintu kedatangan jamaah hanya ada  di Madinah dan Jeddah. Kalau kita niat jalan jalan keluar Jeddah atau Haramain, sebaiknya dibatalkan saja, karena risikonya bisa tertangkap polisi di check point yang ada di setiap pintu masuk kota besar di Saudi. Biasanya jamaah tertangkap ini, akan diminta berbalik arah dan tidak diizinkan melanjutkan perjalanan, atau bisa juga dibawa ke kantor polisi terdekat.

 

Artikel Rekomendasi