Salsabila A a wanderer and a writer

APA SIH PERAN KBIH UNTUK JAMAAH HAJI?

1 min read

APA SIH PERAN KBIH UNTUK JAMAAH HAJI?

Buat yang berencana buat pergi ke Tanah Suci, jangan lupa kenalan dulu sama KBIH ya. Soalnya KBIH atau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji ini punya peran yang besar banget buat bantu perjalanan ibadah haji kamu lebih lancar, dari mulai berangkat, saat ibadah, sampai kepulangan ke tanah air.

 

Memangnya, apa aja sih peran KBIH bagi jamaah?  

 

1.    Bimbingan di tanah air

 

Inilah titik awal pentingnya KBIH bagi seorang calon jamaah Haji. Jamaah akan selalu diminta hadir untuk mengikuti pertemuan manasik ibadah Haji baik praktek maupun teori. Disamping tema yang akan disampaikan adalah tentang fikih haji, jamaah juga akan mendapatkan materi kesehatan, psikologi, adat istiadat, pengenalan bahasa arab dasar, hingga bimbingan membaca Al Quran dasar. Buat jamaah wanita, ngga perlu khawatir soalnya ada juga pemateri wanita yang bakal secara khusus menyampaikan soal materi fikih seputar haji. 

 

Titik penting disini selain calon jamaah Haji mendapatkan ilmu, mereka akan lebih pede dan akan mengenal banyak teman sehingga di harapkan ketika di tanah suci nanti bisa saling berbagi, saling membantu dan saling mengingatkan. Berjamaah itu selalunya lebih baik sebagaimana pepatah berbunyi ringan sama dijinjing, berat sama dipikul. Dah tau dong artinya apa? 

 

2.    Bimbingan di Pesawat

 

Ngga sedikit jamaah haji yang sebelumnya belum pernah punya pengalaman melakukan perjalanan udara. Maka, disinilah peran penting pembimbing dari KBIH untuk meyakinkan mereka bahwa transportasi pesawat itu sangat nyaman dan aman melebihi transportasi yang lain. Survey membuktikan kecelakaan udara itu terendah daripada kecelakaan di darat. Bahkan nyaris tak terdengar adanya kecelakaan pesawat yang mengangkut jamaah haji. Namun, di dalam pesawat tidak sedikit jamaah yang tegang berlebihan saat mengendarai transportasi udara ini. Inilah pentingnya bergabung dengan KBIH, dengan banyak teman yang sudah dia kenal, dan ditambah keramahan pembimbing Insya Allah jamaah akan tenang saat berada di dalam pesawat. Pembimbing KBIH juga akan mengingatkan jamaah untuk melaksanakan shalat ketika sudah masuk waktunya. Bahkan terkadang pembimbing akan mengantarkan calon jamaah ke kamar mandi jika dirasa diperlukan. 

 

3.    Bimbingan di tanah suci

 

Inilah inti dari peran KBIH. Kementerian Agama memang menyediakan pembimbing untuk jamaah di Tanah Suci. Namun sayangnya, pembimbing dari Kementerian Agama sangat tidak ideal jika dibandingkan dengan jumlah jamaah Haji. Satu pembimbing untuk satu kloter yang berjumlah 450 an jamaah Haji. Bagaimana mungkin satu pembimbing bisa mengawasi dan mengontrol 450 orang? Terlebih terkadang ada diantara pembimbing tersebut yang belum pernah naik haji sebelumnya.

 

Maka KBIH akan sangat membantu Kementerian Agama dalam hal ini karena idealnya KBIH akan menyertakan pembimbing hingga ke tanah suci. Misal ketika menunaikan tawaf, maka jamaah haji yang bergabung dalam KBIH pasti tidak akan melaksanakan tawaf sendirian. Dia akan malaksanakan tawaf bersama rombongannya dibawah panduan pembimbingnya. Jamaah juga akan dikontrol akan keabsahan dia dalam melaksanakan tawaf. 

 

Calon jamaah haji bukan hanya dibimbing teori di tanah air, namun juga dibimbing di tanah suci secara praktik langsung di lapangan. Karena selengkap-lengkapnya materi manasik jika tidak melihat lapangan secara langsung akan sulit dicerna dan dipraktekkan. Di tanah suci pembimbing menyertai dan menuntun ibadah haji dengan telaten. Jamaah juga akan berangkat serta pulang ke hotel dengan bersama-sama rombongan. Tidak ada yang berangkat ibadah sendiri-sendiri. Kebersamaan ini juga berlanjut di hotel, di jalan, ketika belanja, dan sebagainya. Sehingga jika ada satu jamaah saja yang tidak kelihatan entah karena di kamar, terlambat, atau tersesat maka pembimbing akan segera mengetahuinya. 

 

Nah, itulah peran KBIH untuk jamaah haji. Ternyata penting juga ya? Apalagi buat kamu yang baru pertama kalinya melaksanakan ibadah haji.

 

 

 

Oleh: Firman Zamzami Lc

5
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *