Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

APA SIH BEDANYA SYARAT DAN RUKUN UMROH?

1 min read

APA SIH BEDANYA SYARAT DAN RUKUN UMROH?

Menabung untuk umroh memang penting. Tanpa menabung, kita akan kesulitan untuk bisa meraih cita-cita umroh. Tapi, jangan karena sibuk bekerja demi menabung untuk umroh, lalu kita lupa mempelajari hukum tentang umroh ya. Bekal ilmu juga sama pentingnya dengan bekal materi sebelum kita menunaikan ibadah umroh. Jangan sampai kita pergi umroh hanya berbekal materi saja dan kebingungan saat jadwal berangkat umroh tiba.

Ada berbagai hukum tentang umroh yang harus kita ketahui agar kita bisa melaksanakan ibadah umroh dengan lancar dan benar. Diantaranya yaitu syarat umroh, rukun umroh, dan wajib umroh. Mari kita pelajari satu persatu.
 

1. Syarat Umroh

Ada empat syarat umroh yaitu muslim, berakal, baligh, mampu. Apa maksudnya? Berikut ini masing-masing penjelasannya:

  1. Muslim. Sudah jelas bahwa umroh adalah ibadah yang ditujukan untuk umat islam. Maka, syarat pertama yang harus dipenuhi oleh jamaah umroh adalah muslim. Ya, wajib beragama islam kalau mau melaksanakan ibadah umroh. Bahkan, haram hukumnya jika dilaksanakan oleh non-muslim.
  2. Berakal. Kewajiban untuk umroh maupun haji akan gugur bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan mental atau tidak berakal. Hal tersebut karena berakal adalah syarat wajib umroh yang harus dipenuhi oleh jamaah umroh.
  3. Baligh. Nah, kalau kamu mau mengajak keluarga besar untuk umroh, perhatikan syarat ini. Kamu bisa saja mengajak anak maupun keponakan, tapi pastikan dulu kalau mereka sudah baligh. Yang ditandai dengan mimpi basah untuk laki-laki dan menstruasi untuk perempuan. Kalau sanak saudara yang mau kamu ajak ternyata belum baligh, sebaiknya dahulukan saudara yang sudah baligh karena mereka lebih utama.
  4. Mampu. Yang terakhir ini juga penting untuk diketahui. Mampu yang dimaksud yaitu baik mampu secara finansial, fisik, maupun mampu memenuhi ketiga syarat di atas. Jadi, kamu ngga perlu merasa tertekan untuk menunaikan ibadah umroh kalau memang belum mampu. Tapi, kalau sudah tergolong mampu, umroh jadi wajib untuk kamu laksanakan.
     

2. Rukun Umroh

Adapun rukun umroh bisa dibilang merupakan kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan selama menjalankan ibadah umroh. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ihram. yaitu memakai pakaian ihram dan melakukan niat.
  2. Tawaf, yaitu mengitari kabah sebanyak 7 kali putaran.
  3. Sa’i, yaitu berlari kecil-kecil antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali.
  4. Tahalul, yaitu mencukur atau memotong sebagian rambut kepala.
  5. Tertib, yaitu urut dalam melakukan rukun umroh ini.
     

3. Wajib Umroh


Wajib umroh yaitu hanya ihram dari miqat. Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk melaksanakannya yaitu sebagai berikut:

  1. Mandi dan memakai wangi-wangian sebelum berangkat ke bandara.
  2. Kenakanlah pakaian ihram yang sudah ditentukan.
  3. Melakukan sholat sunnah 2 rakaat menjelang tiba di mqat.
  4. Mulailah berihram dengan niat umroh yang tulus dan ikhlas kurang lebih 25 menit sebelum pesawat mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah.


Itulah beberapa hukum tentang umroh yang perlu kita pelajari. Jangan lupa juga untuk mengetahui berbagai informasi terkait umroh dan tanah suci agar perjalanan ibadah umroh kita lebih maksimal.

1
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *