Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

ADAB ZIARAH KE MAKAM NABI MUHAMMAD, WAJIB DIPERHATIKAN SEBELUM BERANGKAT!

1 min read

ADAB ZIARAH KE MAKAM NABI MUHAMMAD, WAJIB DIPERHATIKAN SEBELUM BERANGKAT!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam ialah panutan seluruh umat Islam sekaligus utusan Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia di dunia. Rasulullah didaulat pula sebagai manusia paling sempurna, paling mulia sekaligus paling dirahmati oleh Allah. Segala hal mengenai diri beliau memiliki kemuliaan serta kebaikan tersendiri, nggak terkecuali makamnya yang ada di dalam Masjid Nabawi. Kita disunnahkan untuk berziarah ke makam beliau. Sama halnya seperti kegiatan ziarah pada umumnya, ada juga nih adab ziarah ke makam Nabi yang harus kita pahami. Kita nggak bisa dong seenaknya saja datang dan ziarah tanpa tahu adabnya.

 

Nabi Muhammad sendiri pernah bersabda bahwa siapapun yang melakukan ziarah ke makamnya tanpa niat lain kecuali niat ziarah, maka orang tersebut akan mendapat syafaat di hari kiamat. Selain itu, orang-orang yang berniat ziarah ke makam Nabi Muhammad juga diberi beragam kebaikan dari Allah, termasuk diberi limpahan rahmat, perlindungan dan lain sebagainya. Jadi, adab pertama dan yang utama bagi kita sebelum berziarah ialah datang dengan niat untuk melakukan ziarah, bukan tujuan lain seperti minta rezeki, minta jodoh dan meminta hal-hal lainnya. Kalau itu sih, jelas nggak akan dapat syafaat dan kebaikan!

 

Ziarah ke makam Nabi Muhammad sendiri sebenarnya nggak ada hubungan dengan rangkaian kegiatan umroh ataupun haji. Masuk rukun haji juga enggak, tuh. Tapi, memang jamaah haji dan umroh akan disunnahkan beribadah di Masjid Nabawi mengingat banyaknya rahmat serta kebaikan yang bisa didapat. Kita juga disunnahkan mendirikan shalat tahiyatul masjid secara khusyu di Raudhah yang merupakan salah satu spot dalam Masjid Nabawi. Demikian pula dengan ziarah ke makam Nabi yang digolongkan sebagai amalan sunnah. Walaupun hanya sekedar sunnah, tapi harus tetap kita perhatikan juga dong apa saja adab ziarah ke makam Nabi.

 

Ziarah ke makam Nabi sama saja dengan menjadi tamu Rasulullah. Sebagai tamu, pastinya ada beberapa adab yang harus dilakukan demi menghormati tuan rumah. Salah satunya adalah bersikap tenang dan sopan selama ziarah. Disarankan juga nih untuk memakai pakaian terbaik serta menggunakan wewangian. Saat masuk ke dalam ruangan ziarah, gunakan kaki kanan dulu dan bacalah doa ma’tsur. Datangi makam Nabi dengan membelakangi kiblat lalu menghadap kepadanya sembari mengucap salam. Mundur kira-kira satu hasta dan tengok kanan untuk memberi salam pada Abu Bakar As Sidiq. Kemudian, mundur lagi satu hasta dan beri salam pada Umar bin Khattab. Setelahnya, kita bisa menghadap kiblat untuk memanjatkan doa bagi diri kita dan orang-orang yang kita cintai.

 

Adab ziarah ke makam Nabi ini termasuk volume suara yang digunakan. Usahakan agar suara kita hanya bisa didengar oleh diri sendiri. Jangan sampai mengeraskan suara karena selain norak, hal ini juga pasti bisa mengusik peziarah lain. Di dalam makam nabi juga dilarang banget mengusap-usap serta mencium makam nabi. Hal ini nggak ada dalam syariat jadi wajib banget kita hindari.

 

1
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *