Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

7 LARANGAN IHRAM BAGI JAMAAH WANITA

1 min read

7 LARANGAN IHRAM BAGI JAMAAH WANITA

Dalam perjalanan umroh atau haji, saat pesawat telah melintas di atas Yalamlam, maka para jamaah harus sudah menggunakan pakaian ihram. Awak pesawat akan menginformasikan para penumpang agar bersiap guna mengambil Yalamlam sebagai tempat miqot, atau tempat memakai pakaian ihram.

 

Di tempat ini juga, jamaah sudah dikenai sejumlah larangan yang harus dipatuhi. Larangan ini akan berbeda bagi wanita maupun pria. Berikut adalah larangan ihram bagi wanita yang harus kita semua pahami.

 

1. Menggunakan Sarung Tangan dan Cadar

 

Haram bagi wanita yang sudah berihram untuk menggunakan sarung tangan serta menutup muka dengan cadar. Satu-satunya pengecualian adalah apabila wanita bertemu muka dengan pria yang bukan mahram, maka wajib baginya untuk menutup muka menggunakan kerudung.

 

2. Menggunakan Wangi-wangian

 

Wangi-wangian alias parfum juga dilarang oleh wanita yang sudah berihram. Termasuk juga mencabut rambut serta memotong kuku karena lupa atau ngga tahu hukumnya. Jadi, kalau kita sudah tahu hukumnya, segera hentikan perbuatan-perbuatan itu, ya.

 

3. Mencabut Rambut

 

Mencabut rambut dengan sengaja termasuk larangan ihram untuk wanita. Jadi, kalau rambut kamu rontok tanpa sengaja, itu masih ngga masalah.

 

4. Menggunakan Parfum Pada Badan

 

Memang sih, parfum akan membuat badan semakin wangi. Tapi, hal ini dilarang untuk dilakukan para wanita yang sudah mengenakan pakaian ihram. Sebagai pengecualian adalah sisa-sisa parfum yang masih menempel di badan yang digunakan sebelum berihram. Kalau begitu kejadiannya, ngga apa-apa, kok.

 

5. Membunuh Binatang Buruan

 

Ngapain juga berburu di Mekkah, kan makanan sudah pasti tersedia lewat katering prasmanan, ya kan? Membunuh binatang buruan, menghalau binatang buruan dan membantu orang berburu, semuanya dilarang dalam keadaan masih berihram.

 

6. Memotong Pepohonan

 

Menebang pohon di Mekkah, selain kurang kerjaan juga termasuk dalam larangan ihram buat wanita. Mencabut tanaman hijau di tanah juga terbilang haram. Kurang-kurangin iseng nyabutin tanaman di Mekkah karena hal ini terlarang buat kita yang sudah berihram.

 

7. Melangsungkan Akad

 

Menikah di Mekkah kelihatannya memang romantis dan istimewa banget. Sayangnya, melangsungkan pernikahan dan menikahkan orang lain termasuk larangan ihram. Jadi, tunda dulu keinginan menikah sampai tiba di Tanah Air. Atau, bisa juga sih menikah di Mekkah, asal bukan ketika menjalankan ibadah haji atau umroh. Melakukan hubungan suami istri juga dilarang ketika sudah berihram, termasuk menjamah dengan syahwat.

2
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *