Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

5 SUNNAH BERKURBAN YANG HARUS KAMU KETAHUI

1 min read

5 SUNNAH BERKURBAN YANG HARUS KAMU KETAHUI

Idul adha tiba! Hari raya satu ini memang selalu dinanti-nanti setiap umat muslim di seluruh penjuru dunia. Salah satu yang dinanti tentunya adalah momen kurban atau menyembelih hewan, baik mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci maupun mereka yang berada di Tanah Air. Tetapi dalam melaksanakan penyembelihan hewan kurban ini nggak bisa sembarangan. Agama Islam memberikan beberapa tuntunan yaitu yang harus dilakukan oleh umat Islam yang akan berkurban. Di antara sunnah berkurban yaitu:

Hewan yang Sehat dan Gemuk

Dalam mencari hewan kurban, bukan hanya yang telah memenuhi syarat saja namun disunnahkan yang banyak dagingnya. Untuk hewan yang akan dikurbankan juga diharuskan yang tidak cacat tanduknya, atau pun tidak memiliki tanduk sama sekali.

Waktu Penyembelihan

Hewan kurban harus disembelih setelah shalat Idul Adha atau hari tasyrik. Jika disembelih sebelum sholat Idul Adha menjadi batal dan tidak dianggap kurban yang disunnahkan pada bulan Dzulhijjah. Waktu penyembelihan disunnahkan untuk dilakukan pada siang hari agar terlihat jelas dua urat yang harus putus saat proses penyembelihan.

Penyembelih kurban

Penyembelih sebaiknya seorang muslim sebab penyembelihan adalah ibadah maka syarat ibadah adalah Islam.

Alat Menyembelih

Ketika menyembelih hewan, harus menggunakan alat yang tajam, tidak boleh dari gigi atau tulang. Ini penting banget supaya hewan sembelihan tidak kesakitan terlalu lama. Selain itu, tempat penyembelihan juga harus yang layak.

Menghadap Kiblat

Saat menyembelih disunnahkan hewan sembelihan dihadapkan ke arah kiblat dan penyembelih juga dianjurkan menghadap kiblat sambil membaca basmalah, shalawat, dan doa berikut. “Allohumma hadza minka wa ilaika, fa taqobbal minni”, yang artinya: ya Allah, hewan ini merupakan pemberian-Mu, dan dikembalikan lagi pada-Mu, maka terimalah kurban ini dariku.

2
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *