Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

5 KEGIATAN RAMADHAN YANG DILAKUKAN OLEH RASULULLAH

1 min read

5 KEGIATAN RAMADHAN YANG DILAKUKAN OLEH RASULULLAH

Beruntungnya orang-orang yang bisa merasakan bulan ramadhan di tanah suci. Kalau kamu termasuk orang-orang beruntung itu, maka jangan sia-siakan kesempatan menghabiskan bulan ramadhan di sana. Tentu kamu harus bersyukur. Sebagai salah satu perwujudan rasa syukur itu, kamu bisa melakukan napak tilas kegiatan ramadhan yang dilakukan oleh Rasulullah.

 

Rasulullah adalah junjungan kita semua, umat islam. Berbagai hal yang dilakukannya akan kita teladani juga. Tentu termasuk bagaimana beliau melewati bulan ramadhan yang penuh berkah. Berikut ini kegiatan ramadhan yang dilakukan oleh Rasulullah selama bulan ramadhan yang bisa kita teladani:

 

  1. I’tikaf di masjid

I’tikaf adalah kegiatan yang mungkin terdengar mudah dilakukan. Tapi, benar-benar melakukannya tidak semudah kedengarannya. Apalagi saat kita berada di tempat yang asing seperti tanah suci. Maka, sebelum tiba di tanah suci, niatkanlah dengan sungguh-sungguh untuk melakukannya agar benar-benar terlaksana.

 

  1. Menghidupkan malam dengan beribadah

Hal ini juga dilakukan Rasulullah selama 10 malam terakhir bulan ramadhan. Caranya dengan melakukan dzikir dan ibadah-ibadah lain sampai menjelang waktu sahur.

 

  1. Membangunkan keluarga untuk menghidupkan malam

Bukan hanya diri sendiri yang menghidupkan malam. Tapi Rasulullah juga mengajak keluarganya untuk melakukannya juga. rasulullah membangunkan keluarganya di malam hari. Kamu pun bisa membangunkan keluarga saat di tanah suci untuk menghidupkan malam. Tentu kalau kamu pergi ke tanah suci bersama keluarga.

 

  1. Mandi ba’da maghrib

Kegiatan ini dipercaya memiliki keutamaan agar tubuh kita sudah kembali bugar saat melakukan ibadah malam. Tubuh yang bugar akan membuat kita bisa melakukan ibadah dengan maksimal. Rasulullah melakukannya, seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dari Aisyah: “Di bulan Ramadhan, Rasulullah biasanya tidur dan bangun malam, namun jika telah masuk sepuluh hari terakhir, beliau mengencangkan ikat pinggang, menjauhi istri-istrinya, dan mandi di waktu antara Magrib dan Isya.”

 

  1. Menjauhkan diri dari menggauli istri

Dalam riwayat di atas, juga disinggung tentang menjauhi istri di 10 malam terakhir di bulan ramadhan. Maksudnya menjauhi adalah tidak mengguli. Itulah yang dilakukan oleh rasulullah. Maka, kamu bisa meneladani hal tersebut jika pergi ke tanah suci bersama pasangan.

 

Itulah 5 kegiatan ramadhan yang dilakukan oleh Rasulullah yang bisa kamu teladani untuk melewati bulan ramadhan penuh makna  saat di tanah suci. Semoga kita semua dilancarkan saat menunaikan ibadah selama bulan ramadhan di tanah suci, aamiin.

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *