Salsabila A a wanderer and a writer

4 BENDA YANG DILARANG DIBAWA SAAT PERJALANAN UMROH

1 min read

4 BENDA YANG DILARANG DIBAWA SAAT PERJALANAN UMROH

Pergi umroh, ngga hanya barang-barang yang harus di bawa aja yang diperhatikan, tapi juga penting untuk kita tau benda yang dilarang dibawa saat perjalanan umroh. Apalagi ngomongin soal perjalanan udara, biasanya aturannya sedikit berbeda dan lebih ketat dibandingkan kita dengan naik kereta, metro mini atau bahkan ojek online.

 

Jadi, sambil packing barang-barang buat umroh, perhatikan ya jangan sampai barang-barang di bawah ini masuk dalam koper atau tas yang kamu bawa. Kalau sampai kamu membawa benda yang dilarang dibawa saat perjalanan umroh, tau sendiri kan konsekuensinya gimana? 

 

1. Benda tajam

 

Apa pun itu, segala bentuk dan jenis benda tajam dilarang masuk ke dalam kabin pesawat untuk menghindari hal-hal yang berbahaya bagi keselamatan penumpang. Peraturan untuk benda tajam ini lumayan ketat. Benda kecil dan umum dijumpai di kehidupan sehari-hari seperti gunting kuku, pisau silet hingga gunting kecil pun akan langsung disita petugas jika terlihat ada di dalam bagasi kabin kamu saat melewati pemeriksaan di bandara. Jadi, gunting kuku nya di rumah aja dulu sebelum berangkat ya, atau bisa juga beli di Tanah Suci.

 

2. Senjata api dan bahan peledak

 

Ya kalau ini sih di transportasi umum mana pun pasti dilarang. Penumpang warga sipil dilarang keras membawa senjata api ke dalam kabin. Selain berbahaya bagi keselamatan penumpang lain, membawa senjata api bagi warga sipil memerlukan ijin khusus dan tidak bisa sembarangan dibawa kemana-mana. Selain itu, bahan peledak, bahan kimia dan zat yang mudah terbakar juga sangat dilarang dalam dunia penerbangan; baik itu untuk bagasi kabin maupun bagasi check in.

 

3. Benda yang Memiliki Kandungan Gas

 

Penumpang juga tidak diperkenankan membawa benda-benda yang memiliki kandungan gas di dalamnya, seperti misalnya cat semprot, tabung aerosol dan sebagainya. Hal ini karena pada tekanan tertentu, gas bisa memicu ledakan yang tentu saja berbahaya bagi keselamatan penerbangan dan nyawa penumpang lain yang ada di pesawat.

 

4. Zat Cair Lebih Dari 100 ml

 

Penumpang pesawat juga ngga boleh membawa zat cair dengan berat lebih dari 100 ml. Pengecualian bisa dilakukan untuk penumpang yang membawa makanan bayi atau obat-obatan yang dilengkapi surat dokter. Benda cair bukan hanya air minum, tetapi juga seperti parfum, body lotion, shampo sampai sabun cair. Jika kamu harus membawa perlengkapan mandi yang beratnya lebih dari 100 ml, lebih baik letakkan di bagasi check in agar tak disita petugas bandara saat saat melewati pemeriksaan bandara.

 

Nah, itulah benda yang dilarang dibawa saat perjalanan umroh. Ngga hanya ke Tanah Suci aja, barang-barang di atas umumnya bakal dilarang di maskapai mana pun dengan rute perjalanan mana pun (kecuali kalau kamu mau naik pesawat tempur, ya pasti bawa senjata). Larangan ini juga muncul untuk keselamatan kamu dan penumpang lainnya juga kok. Jadi, bawa barang-barang yang sewajarnya saja ya.

 

 

Oleh: Firman Zamzami Lc dan Salsabila Ainurrohman

3
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *