Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

4 ALASAN UMAT MUSLIM DIANJURKAN BERQURBAN

1 min read

4 ALASAN UMAT MUSLIM DIANJURKAN BERQURBAN

Tau nggak hari besar Islam selain lebaran yang banyak dinanti-nanti seluruh umat muslim di dunia? Yup betul! Idul Adha! Tapi, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, kenapa ya kita perlu menyembelih hewan qurban di hari Idul Adha ini? 

 

Seluruh umat muslim termasuk jamaah yang sedang berhaji dianjurkan untuk menyembelih hewan qurban, karena banyak keutamaan dan hikmah yang ada dibalik perintah tersebut. Di antara hikmah ibadah qurban yang disebutkan oleh para ulama, berikut beberapa hikmah yang perlu kamu ketahui: 

 

1.    Realisasi rasa syukur

 

Maksudnya adalah bersyukur kepada Allah atas nikmat kehidupan yang diberikan kepada kita selama ini.

 

2.    Ihya syiar Nabi Ibrahim AS 

 

Ibadah qurban merupakan bagian dari menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim AS yang ketika itu Allah memerintahkan beliau untuk menyembelih anak tercintanya sebagai tebusan yaitu Nabi Ismail ketika hari an nahr atau Idul Adha. Lewat Idul Adha ini jadi salah satu cara untuk kita semua umat muslim dalam mengenang sejarah tersebut. 

 

3. Belajar mencontoh keteladanan Nabi Ibrahim AS

 

Agar setiap mukmin mengingat kesabaran Nabi Ibrahim AS dan Isma’il AS yang membuahkan ketaatan pada Allah dan kecintaan pada-Nya lebih dari diri sendiri dan anak. Pengorbanan seperti inilah yang menyebabkan lepasnya cobaan sehingga Isma’il pun berubah menjadi seekor domba. Jika setiap mukmin mengingat  kisah ini, maka bisa diteladani dari kisah ini adalah bersabar ketika melakukan ketaatan pada Allah dan seharusnya mereka mendahulukan kecintaan Allah dari hawa nafsu dan syahwatnya.

 

4.    Qurban lebih utama dari sedekah

 

Para ulama berpendapat bahwa ibadah qurban lebih baik daripada bersedekah dengan uang yang senilai dengan hewan qurban seperti sapi, kerbau atau kambing karena penyembelihan hewan qurban memiliki nilai tersendiri dihadapan Allah Swt. Jadi, sayang banget kan kalau kita melewatkan pahalanya? 

 

Seorang ulama besar bernama Syaikh Ibnul Qayyim Al Jauzy berkata, “Penyembelihan yang dilakukan di waktu mulia lebih afdhol daripada sedekah senilai penyembelihan tersebut. Oleh karenanya jika seseorang bersedekah untuk menggantikan kewajiban penyembelihan pada manasik tamattu’ dan qiron meskipun dengan sedekah yang bernilai berlipat ganda, tentu tidak bisa menyamai keutamaan udhiyah.”

 

Beranjak dari sinilah maka setiap tahunnya, bukan saja jamaah Haji yang ada di Tanah Suci, namun umat Islam yang ada di seluruh dunia tidak pernah berhenti untuk menyembelih hewan qurban, bahkan di antara umat Islam yang hidupnya pas-pasan saja berani berqurban, mereka rela menyisihkan uang mereka setiap bulannya agar bisa melaksanakan penyembelihan hewan qurban dan dagingnya bisa dibagikan kepada seluruh umat Islam. MasyaAllah.

 

 

Editor: Salsabila Ainurrohman
3
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *