Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

3 TIPS PENTING MELAKSANAKAN UMROH SAAT RAMADHAN

1 min read

3 TIPS PENTING MELAKSANAKAN UMROH SAAT RAMADHAN

Bulan istimewa di tempat teristimewa bagi umat islam, pasti akan jadi perpaduan yang sempurna. Kamu bisa merasakan kesempurnaan itu dengan memilih bulan Ramadhan untuk pergi melaksanakan umroh. Nah, beruntunglah buat kamu yang sudah merencanakan perjalanan umroh ke Tanah Suci di Ramadhan kali ini.

 

Tapi tunggu dulu, nggak semudah itu untuk bisa merasakan sempurnanya berpuasa Ramadhan di Tanah Suci. Kamu harus ingat kalau akhir-akhir ini bulan ramadhan jatuh pada musim panas di Mekkah. Itu akan jadi tantangan tersendiri buat kamu melaksanakan ibadah umroh sunnah di malam Ramadhan. Ngga terbiasa dengan cuaca di sana akan membuat puasa yang kamu jalankan lebih berat. Belum lagi kamu harus melakukan beberapa kegiatan umroh. Tapi tenang saja karena selalu ada cara untuk menghadapi tantangan.

 

Mau tau bagaimana cara menghadapi tantangan umroh sunnah di malam Ramadhan? Yuk simak beberapa tips berikut ini:

 

  1. Lakukan umroh sunnah di sore-malam hari

Cara ini bisa kamu lakukan kalau kamu bermalam di sekitar Mekkah. Sore sampai malam hari akan lebih menguntungkan karena kamu ngga perlu melakukan umroh sunnah sambil berpuasa. Waktu melakukan thawaf atau sa’i kamu bisa meminum air zam-zam supaya ngga dehidrasi. Cuaca di sore sampai malam hari juga lebih kondusif.

 

  1. Mengambil miqat terdekat

Miqat adalah tempat kamu memulai melakanakan berbagai kegiatan umroh. Di sana adalah batas berihram. Nah, agar menghemat waktu, pilihlah miqat yang terdekat seperti jironah. Kamu bisa pergi ke tempat miqat sore-sore sebelum ashar. Lalu tunggu sampai waktu ashar untuk melaksanakan sholat ashar. Baru setelah itu kamu bisa berangkat menuju Mekkah untuk mulai melaksanakan ibadah umroh sunnah di malam Ramadhan.

 

  1. Melaksanakan Thawaf dan Sa’i dengan segera setelah tiba di Masjidil Haram

Kenapa harus segara? Karena agar saat azan maghrib kamu sudah selesai melakukan kedua kegiatan tersebut. Setelahnya, kamu bisa berbuka dan sholat maghrib di masjidil haram.

 

Seperti itulah tips melaksanakan umroh sunnah di malam Ramadhan. Jadi, kamu bisa mempersiapkannya dari sekarang ya kalau ingin merasakan istimewanya berpuasa Ramadhan dan berumroh di Tanah Suci. Selain mempersiapkan fisik dan mental, jangan lupa untuk mempersiapkan akomodasinya. Ingat tips pertama, menginap di sekitar Mekkah akan lebih memudahkan kamu. Nah, jadi jangan lupa untuk menyiapkan penginapan dengan matang. Upayakan untuk dapat travel terpercaya yang bisa mendengarkan permintaan kamu.

4
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *