Salsabila A a wanderer and a writer

3 TIPS MEMILIH KAIN IHROM UNTUK UMROH

1 min read

3 TIPS MEMILIH KAIN IHROM UNTUK UMROH

Salah satu kewajiban jamaah umroh maupun haji adalah mengenakan pakaian ihrom sebelum masuk ke dalam kawasan kota Mekkah. Kain ihrom ini sendiri sudah harus dipakai di tempat khusus yang disebut miqot. Seperti apa sih wujudnya kain ihrom ini?

 

Bentuknya seperti kain biasa dengan bahan yang bisa dengan mudah menyerap keringat. Jadi, kain ini bakal tetap nyaman walau dibawa lari-lari kecil antara dua bukit atau keliling Kabah 7 putaran. Ukuran standarnya adalah 230 x 120 cm. Jenisnya beragam, ada yang terbuat dari kain serupa handuk dan ada juga yang dari kain katun.

 

Kain ihrom yang lebih banyak digunakan sekarang adalah yang terbuat dari bahan handuk. Alasannya karena bahan ini dianggap lebih menyerap keringat di musim panas dan bikin badan anget di musim dingin. Sebaik-baiknya warna kain ihrom adalah putih. Kain ihrom tetap harus dipilih dengan cermat agar ibadah di Tanah Suci semakin khusyu, sebagai tips memilih kain ihrom, kamu bisa ikuti panduan cara pilih kain ihrom di bawah ini:

 

1. Pastikan Jenis Bahan Sesuai Musim

Jenis kain yang disarankan adalah katun campuran, misalnya nih katun mix rayon. Bahan ini punya kelebihan dibanding kain katun murni. Salah satunya adalah karakteristik rayon yang halus, lembut dan dingin saat dikenakan. Sementara katun memiliki keunggulan dari segi kemampuannya menyerap keringat. Bagus banget dong kalau kain ini dipakai sebagai pakaian ihrom saat beribadah umroh di iklim panas Arau Saudi?

 

Rasa nyaman akan membuat ibadah semakin khusyu dan tenang. Sebaliknya, apabila kita pergi umroh di kala musim dingin, pilih bahan kain ihrom yang lebih tebal. Kita ngga akan menggigil kedinginan saat beribadah. Jadi, penting banget mencari tahu sedang musim apa gerangan di Arab Saudi saat kita menunaikan umroh atau haji, karena cara pilih kain ihrom akan menyesuaikan musim di sana.

 

2. Perempuan Boleh Memakai Pakaian Ihrom Berjahit

Ngga seperti kaum laki-laki yang pakaian ihromnya ngga boleh berjahit, pakaian ihrom untuk perempaun boleh memakai jahitan. Artinya, jamaah umroh atau haji yang perempuan ngga perlu ribet mencari bahan kain ihrom yang ngga ada jahitannya. Selain itu, boleh juga kok memakai kain ihrom berbahan sutera.

 

3. Perhatikan Larangan Berihrom

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam melarang perempuan menggunakan sarung tangan, cadar serta pakaian yang dicelup dalam wars saat berihrom. Jadi, pastikan kita indahkan peraturan ini saat kita pilih kain ihrom, ya.

 

Oleh: Wahyu Tri Utami

Editor: Salsabila Ainurrohman

 

 

6
Salsabila A
Salsabila A a wanderer and a writer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *