Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

3 MACAM CARA MENABUNG UNTUK UMROH

1 min read

3 MACAM CARA MENABUNG UNTUK UMROH

Saat melihat daftar harga umroh, rasanya ingin pingsan saja? Sangat mahal sampai kamu pikir kamu ngga akan bisa memiliki uang sebanyak itu. Tapi percayalah, tidak ada yang tidak mungkin dan pertolongan Allah sangat dekat dengan hambanya yang mau berusaha. Untuk mewujudkan impian pergi umroh, kamu tetap harus berusaha dan berdoa. Hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah dengan menabung untuk umroh. Meski rasanya akan butuh waktu sangat lama untuk mengumpulkan uang sebanyak biaya umroh, kita tak boleh menyerah. Rejeki bisa datang dari mana saja dan kapan saja bahkan saat kita ngga menduganya loh!

 

Untuk kamu yang sedang berjuang mengumpulkan uang untuk umroh, berikut ini ada beberapa cara menabung untuk umroh yang mungkin akan cocok untuk kamu:

 

  1. Menabung menggunakan deposito syariah

Dengan tabungan deposito, kamu ngga perlu khawatir dengan pengaruh pasar keuangan. Uang yang kita tabungkan di deposito syariah akan aman. Dana dan bunganya ngga akan berkurang karena simpanan ini dijamin oleh pemerintah selama nilainya ngga lebih dari 2 miliar rupiah. Juga asalkan bunga ngga melebihi batas atas bunga simpanan yang sudah ditetapkan Lembaga Penjamin Simpanan.

 

  1. Tabungan rencana di bank

Supaya uang cepat terkumpul, salah satu kuncinya adalah konsisten dalam menabung. Tapi kekonsistenan itulah yang biasanya sulit dilakukan. Apalagi kalau ada saja kebutuhan mendadak. Nah, dengan tabungan rencana, bisa membantu kamu untuk tetap konsisten menabung untuk umroh apapun yang terjadi. Itu karena tabungan rencana akan menarik saldo secara otomatis dari tabungan kita tanpa kita pergi untuk menabungkannya saat jatuh tempo. Jadi, nanti ada tanggal yang sudah disepakati untuk waktu penarikan. Misalnya setiap bulannya sudah disepakati ditarik Rp750.000, maka uang sebesar itu akan langsung terpotong dari tabungan kita. Penarikan dilakukan sampai batas waktu tertentu. Saat tiba batas waktu tersebut, uang yang terkumpul akan kembali ke rekening kita.

 

  1. Reksadana Syariah

Nah, tabungan yang ketiga ini cocok untuk kamu yang suka berinvestasi. Kita bisa menabung untuk umroh sambil berinvestasi. Tapi berbeda dari kedua cara menabung di atas. Menabung dengan reksadana syariah juga perlu kecakapan kamu dalam berinvestasi. Kamu harus memastikan diri mengerti tentang investasi reksadana. Jangan sampai malah merugi dan makin lama mengumpulkan uang untuk umroh ya...

 

Nah, itulah beberapa cara menabung untuk umroh yang bisa kamu lakukan. Namanya berusaha biasanya ada saja godaan yang datang. Misalnya tawaran umroh murah yang menggiurkan. Untuk yang satu ini kamu harus hati-hati. Jangan sampai mudah tergiur dan akhirnya malah menyesal. Kita harus belajar pada kasus penipuan umroh yang akhir-akhir ini sering terjadi. Baiknya tetap sabar dalam menabung dan hindari tawaran paket umroh murah yang mencurigakan.

2
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *