Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

3 KEUTAMAAN PUASA SUNNAH ARAFAH YANG PERLU KAMU KETAHUI

1 min read

3 KEUTAMAAN PUASA SUNNAH ARAFAH YANG PERLU KAMU KETAHUI

Tak terasa ya, bulan haji sudah dekat di depan mata. Umat Islam yang tidak berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah Haji tetap diberikan kesempatan untuk melaksanakan amal shaleh yaitu berupa puasa di awal bulan Dzulhijjah, terutama di hari Arafah.

Kamu tau nggak sih, ternyata puasa Arafah ini punya banyak banget keutamaan. Apa aja ya?

Meraih Ampunan Allah

Puasa Arafah ini merupakan ajang untuk berlomba meraih maghfirah atau ampunan Allah. sebagaimana yang sering kita dengar, puasa Arafah bisa menghapus dosa kita selama dua tahun, yaitu dosa yang telah lalu dan yang akan datang. Dari Abu Qatadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:  “Puasa Arafah (9 Zulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim).

Menurut para ulama, hadist tersebut memotivasi kita untuk tidak meninggalkan puasa sunnah yang hanya ada setahun sekali ini. Fadha’ilul ‘amal tersebut Allah berikan spesial untuk umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Bila dihitung dengan logika, mungkin deretan angka tak lagi cukup untuk menghitung dosa dan kesalahan kita dalam waktu dua tahun. Namun Allah dengan sifat rahim-Nya memberikan ampunan begitu dahsyat bagi hamba yang berpuasa di hari Arafah.

Setara Jihad Fii Sabilillah

Amal shaleh pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah merupakan amalan yang sangat dicintai Allah, bahkan setara dengan jihad fisabilillah yang membuat seorang mati syahid dan hartanya habis di jalan Allah. MasyaAllah..

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:  “Tidak ada satu amal saleh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal saleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Zulhijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Dawud).

Mendapat Pahala Seperti Nabi Isa As

Kemudian keutamaan orang yang melaksanakan puasa arafah menurut Hujjatul Islam Al Imam Al-Ghazali adalah ia akan mendapatkan pahala seperti pahala Nabi Isa As. Sebagaimana hadist Nabi, “Barangsiapa yang berpuasa pada hari arafah maka Allah akan memberikan pahala kepadanya seperti pahala Nabi Isa“.

Itulah keutamaan luar biasa dari puasa di hari arafah. MasyaAllah.. Jadi, jangan disia-siakan ya karena di hari-hari tersebut Allah SWT akan membentangkan rahmat-Nya, sehingga barang siapa yang berdoa dalam urusan dunia maupun urusan akhirat maka Allah akan mengabulkannya. InsyaAllah.

1
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *