Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

3 KELOMPOK ORANG YANG BERHAJI

1 min read

3 KELOMPOK ORANG YANG BERHAJI

Menjalankan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji merupakan idaman setiap orang yang beriman, sebab keislaman seseorang terasa sempurna jika telah mengerjakan setiap rukun dari rukun Islam. Maka tak ayal banyak umat Islam yang berusaha baik dengan mengumpulkan uang, mengatur waktu atau pun berdoa agar bisa diperkenankan Allah untuk bisa menjalankan ibadah Haji.

Sekalipun ibadah haji ini disyaratkan kepada mereka yang memiliki kemampuan, namun terlepas dari hal itu, ada beberapa orang yang memang mendapatkan kemuliaan dari Allah bisa mendapatkan panggilan haji. Maka barangkali secara garis besar kita bisa simpulkan bahwa orang bisa berangkat haji ke Tanah Suci itu terbagi dalam tiga kelompok.

Kelompok karena Nasab

Orang yang masuk ke dalam kelompok ini bisa berangkat haji itu karena keturunan atau nasab. Artinya secara keturunan memang berasal dari orang tua dan keluarga yang berada dari segi ekonomi, sehingga mampu memberangkatkan keluarganya ke Tanah Suci.

Kelompok karena Kasab

Kelompok ini adalah orang yang berhaji karena hasil kerja keras sendiri, lalu dikumpulkan selama bertahun-tahun hingga bisa menabung dan membayar Ongkos Naik Haji (ONH). Kelompok seperti ini rela menahan diri untuk membelanjakan rezekinya dan lebih mengutamakan hartanya untuk ibadah haji sebagai sarana pendekatan dirinya kepada Allah. Mereka menganggap bahwa setiap harta yang dititipkan Allah kepada diri mereka akan diminta pertanggung jawaban di hari Akhirat kelak, maka mereka berusaha menggunakan harta tersebut untuk hal hal yang diperintahkan Allah.

Kelompok karena Nasib

Lalu kelompok yang terakhir adalah kelompok yang sampai ke Tanah Suci untuk berhaji karena faktor nasib. Yaitu mereka yang mendapatkan nasib baik bisa berangkat haji, misalnya atas biaya dari orang lain atau ada otoritas yang memiliki wewenang yang memberangkatkannya. Orang yang berada di kelompok seperti ini seperti orang yang memang mendapatkan kemuliaan lewat panggilan haji dari Allah Swt.

Itulah kurang lebih tiga kelompok orang yang berhaji. Intinya, bukan hanya karena keluarga yang berada secara materi saja yang bisa pergi berhaji, Dengan niat yang tulus, dan ikhtiar tentunya, siapa pun bisa berkesempatan untuk menjalankan salah satu rukun Islam tersebut. InsyaAllah.. 

2
Firman Zamzami Muhammad LC
Firman Zamzami Muhammad LC Alumni Damascus Univ Suriah | Pengasuh acara percikan Iman 908 Oz Radio Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *