Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

3 HIKMAH UMROH YANG PERLU KAMU KETAHUI

1 min read

3 HIKMAH UMROH YANG PERLU KAMU KETAHUI

Haji dan Umroh, dua jenis ibadah berbeda yang sama-sama dilaksanakan di Tanah Suci. Kalau ibadah haji mungkin sudah kita tahu sejak kanak-kanak dari pelajaran sekolah tentang rukun islam. Bahwa ibadah yang satu itu adalah rukun islam kelima yang wajib dilaksanakan jika kita mampu. Tapi bagaimana dengan umroh? Kenapa harus ada umroh kalau sudah ada yang namanya ibadah haji? Mungkin itulah pertanyaan yang sudah sering kamu utarakan pada diri sendiri atau pernah tanyakan pada orang-orang yang kamu kenal. Jadi, rasanya kita perlu  tahu apa hakikat umroh itu sehingga bisa menemukan perbedaannya dari ibadah haji. Lalu menemukan alasan kenapa kedua ibadah tersebut dibedakan satu sama lain.

 

Kalau selama ini kita mengatakan hakikat umroh itu adalah sebuah perjalanan ziarah. Perjalanan yang diisi dengan rangkaian tawaf, sa’i, tahallul, dan sebagainya. Maka itu adalah pengertiannya. Hakikat tentu akan lebih dalam lagi. Berikut ini hikmah ibadah umroh yang perlu kita ingat:

 

  1. Meniru teladan pengorbanan dari Nabi Ibrahim AS

 

Masing-masing kisah nabi memiliki hikmah dan tauladan tersendiri. Begitu juga dengan kisah nabi Ibrahim. Seorang nabi yang begitu taat kepada Allah SWT. Beliau begitu sabar ketika diberi cobaan rumah tangganya tak kunjung dikarunia anak. Lalu saat akhirnya beliau memiliki seorang anak, cobaan datang lagi bertubi-tubi. Dari istri dan anaknya Ismail yang harus pergi jauh dari nabi Ibrahim hingga perintah untuk menyembelih anaknya sendiri. Kisah nabi ibrahim ini tentu sangat berkaitan dengan ibadah haji yang saat ini menjadi ibadah wajib bagi umat islam. Namun, selain itu juga menjadi hakikat perjalanan umroh.

 

  1. Mengakui persamaan diri dengan orang lain, dan juga segala kelemahan diri

 

Semua manusia itu sama di hadapan Allah. Itulah yang nampak saat kita melaksanakan ibadah umroh. Pakaian kita sama dengan orang lain. Kegiatan yang kita lakukan pun sama. Di sana kekayaan, jabatan, kesarjanaan, dan sebagainya tidak akan terlihat.

 

  1. Pengampunan dosa

 

Umroh bisa menjadi salah satu moment untuk meminta pengampunan dosa kepada Allah SWT. Itulah hakikat umroh lainnya. Seperti yang dikatakan oleh HR Bukhari dan Muslim, yaitu “Ibadah umroh sampai umroh berikutinya sebagai kafarat untuk dosa di antara keduanya dan haji yang mabrur tidak ada balasannya kecuali surga”. Kalau kita ingin meminta pengampunan dosa di Tanah Suci, maka tak harus menunggu musim haji. Umroh bisa menjadi alternatif karena umroh bisa dilakukan kapan saja.

3
Ica Khaerunisah
Ica Khaerunisah Penulis lepas yang suka kopi sachet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *