Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

10 KEUTAMAAN ZIARAH KE MAKAM NABI MUHAMMAD

1 min read

10 KEUTAMAAN ZIARAH KE MAKAM NABI MUHAMMAD

Sudah terbilang lumrah bagi jamaah umroh untuk menggunakan kesempatan saat mereka berada di Madinah guna mengunjungi makam Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassalam. Nggak heran sih, keberadaan di Madinah ini cuma tiga hari saja, beda dengan jamaah haji yang kesempatan waktunya lebih banyak. Ziarah ke makam Baginda Nabi sendiri dipilih karena ada banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan. Bahkan, sebagian ulama berpendapat kalau orang yang melakukan ziarah makam Nabi Muhammad berhak menerima hingga 10 kehormatan dari Allah! Wow! Bener nggak sih? Yuk kita simak apa saja keutamaan ziarah makam Nabi Muhammad di bawah ini.

 

  1. Diberikan derajat tertinggi di sisi Allah
  2. Dipenuhi segala kebutuhannya
  3. Disampaikan pada cita-cita yang paling tinggi
  4. Diselamatkan dari bencana
  5. Diberikan banyak anugerah oleh-Nya
  6. Dilindungi dari aib
  7. Diringankan bebannya saat tertimpa musibah
  8. Dimudahkan dalam segala kesulitan
  9. Bisa merasakan apa yang akan terjadi kemudian
  10. Mendapat limpahan rahmat dari Allah

 

Banyaknya keutamaan di balik ziarah ke makam nabi inilah yang membuat setiap jamaah umroh atau haji yang dapat menempuh perjalanan sampai Madinah, sebaiknya nggak melewatkan kesempatan satu ini. Sayang banget dong pastinya kalau nggak sempat melakukan ziarah nabi padahal udah termasuk dalam paket perjalanan umroh atau haji. Keutamaan ziarah makam Nabi Muhammad lainnya terutama adalah karena hal tersebut sudah menjadi hak beliau terhadap umatnya dan segenap makhluk Allah. Dalam mengungkap besarnya hak Nabi Muhammad, bahkan seseorang yang sudah berjalan melalui kepalanya dan menuju makam Rasul dari tempat paling jauh sekalipun, tetap nggak akan bisa membayar hak Rasulullah.

 

Akan tetapi, satu hal yang patut kita garis bawahi adalah, walaupun berziarah ke makam Rasulullah memberi banyak keutamaan seperti yang telah disebutkan di atas, bukan berarti untuk mendapatkan itu semua cukup dengan ziarah saja. Memang benar bahwa keutamaan ziarah makam Nabi Muhammad di antaranya ialah dipenuhi segala kebutuhannya dan dilindungi dari bencana. Tapi ya bukan berarti kita tinggal duduk santai saja menunggu semua kebutuhan terpenuhi setelah pulang dari ziarah, dong! Kita tetap harus mengusahakannya dan melakukan yang terbaik agar bisa mendapat apa yang kita inginkan dalam hidup serta terus terlindung dari bencana. InsyaAllah.

 

 

image: https://www.dutaislam.com/

 

3
Wahyu Tri Utami
Wahyu Tri Utami dreamer by night, reader by day

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *